Kamis, 13 Desember 2012
Aspek Ergonomi Dalam IMK
Pengertian Ergonomi
•
Suatu
bidang studi yang mencari atau menangani desain peralatan dan tugas-tugas yang cocok dengan kapabilitas
manusia dan limitnya
•
Faktor
kenyamanan kerja
•
Ergonomi
harus bisa memahami seluruh keadaan manusia, baik dari segi anatomi, fisiologi,
psikologi, engineering, manajemen, dan desain/perancangan untuk membuat desain
tugas yang berguna
•
Aturan
atau kebijaksanaan dalam bekerja
•
Ramah
penggunaan di segala tempat dan bidang
•
Bahwa
seorang pekerja yang mengoperasikan banyak peralatan, namun dapat dijangkau
dengan mudah
Keuntungan Penerapan Ergonomi Bagi Pekerja
•
Lebih
baik dalam mengerjakan tugasnya
•
Lebih
sehat
•
Meningkatkan
kepuasan kerja
•
Lebih
produktif
Aspek Ergonomi dari Stasiun Kerja
•
Stasiun
kerja: sistem komputer termasuk mebeler yang digunakan, mis: kursi, meja
•
Permasalahan
yang muncul jika seorang operator komputer terlalu lama bekerja di depan
komputer:
–
Serangan
miopi yang semakin besar
–
Keluhan
mata, mis: iritasi, ketegangan mata
–
Ketegangan
punggung, otot siku, dan otot pundak
Prinsip-prinsip Ergonomi
•
Prinsip
fisikal
•
Prinsip
kognitif
Prinsip Fisikal
•
Jadikan
segala sesuatu mudah untuk dijangkau
•
Bekerja
dengan tinggi yang sesuai/cocok
•
Bekerja
dengan postur yang sesuai
•
Mengurangi
pengeluaran tenaga yang berlebihan
•
Meminimalkan
kepenatan/keletihan
Prinsip Fisikal (lanj.)
•
Mengurangi
pengulangan yang berlebihan
•
Memberikan
jarak ruang dan akses
•
Meminimalkan
contact stress
•
Memberikan
mobilisasi dan merubah postur/posisi
•
Menciptakan
lingkungan yang menyenangkan
–
Pencahayaan
yang tepat
–
Temperatur
yang tepat
–
Menahan
getaran
Prinsip-prinsip Kognitive
•
Adanya
standardisasi
•
Membuat
stereotipe
•
Menghubungkan
aksi dengan persepsi
•
Mempermudah
pemaparan suatu informasi
•
Menyajikan
informasi pada level yang tepat secara detail
•
Memberikan
image/gambaran yang jelas
Prinsip-prinsip Kognitive (lanj.)
•
Membuat
redundansi, mis: warna yang berbeda, cetak tebal, miring, dll
•
Membuat
pola/patterns
•
Memberikan
stimulan yang bervariasi sesuai dengan keadaan
•
Memberikan
umpan balik secara cepat/seketika
Pencahayaan
•
Tujuan
perancangan pencahayaan:
–
Menghindarkan
user dari cahaya terang langsung atau pantulannya
–
Memperoleh
keseimbangan antara kecerahan (brightness) layar tampilan dan kecerahan
yang ada di depan user
–
Menghindari
cahaya langsung atau pantulan yang langsung mengenai layar tampilan
–
Memberikan
keyakinan bahwa ada pencahayaan yang cukup untuk pekerjaan yang tidak
menggunakan layar tampilan
Sumber Cahaya
•
Cahaya
langsung, yang berasal dari:
–
Matahari
yang menerobos masuk lewat jendela, atau
–
Sumber
cahaya buatan, mis: bolam lampu
•
Cahaya
tidak langsung, yang dipantulkan oleh:
–
Tembok
atau partisi
–
Langit-langit
rumah atau plafon
–
Lantai
rumah
–
Bahan
yang ada disekitar layar tampilan, mis: pemegang dokumen
–
Bagian
atas dari meja yang digunakan
–
Pakaian
yang digunakan oleh operator
Suhu dan Kualitas Udara
•
Komputer
yang dihidupkan dalam waktu yang lama akan menghasilkan panas sehingga akan
mempengaruhi suhu ruangan dimana komputer tersebut ditempatkan
•
Panas
yang berlebih ini akan berpengaruh secara negatif pada kinerja operator dan
komputer
•
Untuk itu
diperlukan peralatan lain untuk menetralisir suhu yang tinggi tersebut,
diantaranya adalah penggunaan kipas angin, dan atau AC
Gangguan Suara
•
Dapat
berasal dari: suara AC, komputer, manusia, suara speaker, atau peralatan
lainnya
•
Gangguan
ini akan nampak jika suara yang terjadi relatif besar bagi user
•
Akibatnya:
user akan merasa terganggu, stress dan konsentrasinya menurun
•
Cara mengatasi:
–
Menutup
telinga dengan rapat (‘tuli’)
–
Memasang
peredam suara
0 Comments:
Langganan:
Posting Komentar (Atom)