Rabu, 12 Desember 2012
Pendahuluan
Human Computer-Interface (HCI)
►
Istilah
lain: man-machine interaction (MMI), computer and human interaction (CHI), dan
human-machine interaction (HMI)
►
Tujuan
§
User
friendly (ramah dengan pengguna): kemampuan
yang dimiliki oleh software atau program aplikasi yang mudah
dioperasikan, dan mempunyai sejumlah kemampuan lain sehingga pengguna merasa betah
dalam mengoperasikan program tersebut, bahkan bagi seorang pengguna pemula
§
WYSIWYG (what
you see is what you get)
§
Mengurangi
frustasi, ketidakamanan, dan kebingungan pada pengguna
§
Implikasi:
meningkatkan kepuasan kerja dan menurunkan tingkat absensi pekerja
HCI (lanjutan)
►
Permasalahan
yang muncul
§
Programer
tidak dapat memahami secara tepat penggunanya, mis: tentang keinginan dan
lingkungan kerja pengguna
§
Sistem
komputer mengharuskan pengguna untuk mengingat terlalu banyak informasi
§
Sistem
komputer tidak memberikan ruang untuk toleransi kesalahan
§
Para
pengguna berbeda dari sebelumnya
§
Para
pengguna berbeda satu dengan lainnya
§
Para pengguna
berbeda dari kita
►
Mulai
diterapkannya GUI (Graphical User Interface)
Prinsip Kerja Sistem Komputer
Kriteria User Friendly
►
Memiliki
tampilan yang bagus
►
Mudah
dioperasikan
►
Mudah
dipelajari
►
Pengguna
selalu merasa senang setiap kali menggunakan software tersebut
Definisi IMK
►
Sekumpulan
proses, dialog, dan kegiatan
di mana melaluinya pengguna
memanfaatkan dan berinteraksi dengan
komputer
►
Suatu
disiplin ilmu yang menekankan pada
aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif
untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena di sekitar
manusia itu sendiri
►
Suatu
studi ilmiah tentang masyarakat di dalam lingkungan kerjanya
Sistem IMK
HCIS = ƒ (h,m,e,i,t)
Dimana:
HCIS = sistem manusia dan komputer
h = subsistem manusia
m = subsistem mesin
e = subsistem lingkungan
i = interaksi manusia dengan sub-sub sistem
t = waktu, lamanya interaksi terjadi
Aplikasi IMK
►
Perkantoran
►
Kendali
proses
►
Penerbangan
►
Komunikasi
►
Desain
pekerjaan
►
Pelatihan/seleksi
►
dll
Bidang Studi yang Mempengaruhi Perkembangan IMK
Piranti Bantu Pengembangan Sistem
►
Pertama
kali dikembangkan oleh MacApp oleh Apple pada pertengahan tahun 1980-an
►
Contoh
piranti bantu lainnya: Visual dBase, Visual BASIC, Visual J++, Visual C/C++,
Borland Delphi, dll
►
Keuntungan:
§
Tampilan/antarmuka
yang dihasilkan menjadi lebih baik
§
Program
antarmuka menjadi mudah ditulis dan lebih ekonomis untuk dipelihara
Kesalahan Mendasar Programmer
►
Desain
ini memuaskan saya, berarti juga akan memuaskan setiap orang
►
Desain
ini memuaskan rata-rata orang, berarti juga akan memuaskan setiap orang
►
Manusia
begitu amat beragam oleh karenanya tidak ada kemungkinan antar muka yang dapat
memuaskan pengguna, tetapi karena sifat manusia yang adaptif sejak awalnya,
maka itu tidak akan menjadi masalah
►
Faktor
ergonomi cukup mahal namun demikian produk-produk aplikasi komputer tetap
terjual hanya dengan berdasarkan penampilan dan corak. Jadi pertimbangan
ergonomi boleh diabaikan
►
Ergonomi
merupakan gagasan yang baik. Dalam mendesain sesuatu saya menggunakan
pertimbangan ergonomi namun dilakukan berdasarkan intuisi dan menyandarkannya
pada selera umum, jadi kita tidak memerlukan tabel data
0 Comments:
Langganan:
Posting Komentar (Atom)