Kamis, 13 Desember 2012
Membuat Teks Berjalan Pada Delphi 7
Saya akan berbagi yaitu gimana cara
membuat teks berjalan pada Borland Delphi 7
Ok ! Langsung saja....
Pertama Anda buka aplikasi delphi,
Selatah itu, komponen yang di
butuhkan untuk membuat teks berjalan yang sangat sederhana ini adalah Label dan
Timer.
Label ini ada di bagian standard,
untuk Timer ada di bagian System.
Kemudian buatlah desain form seperti
dibawah ini ato terserah Anda mau seperti apa.
Setelah itu, klik 2x komponen timer
tersebut, dan isi dengan kode dibawah ini.
Label1.Left:=Label1.Left-5;
if Label1.Left<20 then
Label1.Left:=400;
kemudian ganti propertise interval
untuk timer dari 1000 menjadi 2(untuk kecepatan teks).
Kalo udah, silahkan tekan F9 untuk
menjalankannya, dan lihat hasilnya.
setelah selesai menulis coding diatas, perhatikan interval yang ada dipropertis timer 1,
Perhatian lagi, semakin kecil nilai interval semakin cepat teks tersebut berjalan, dan sebaliknya semakin besar nilai intervalnya semakin lambat teks tersebut berjalan.
Mudah-mudahan bermanfaat.
setelah selesai menulis coding diatas, perhatikan interval yang ada dipropertis timer 1,
Perhatian lagi, semakin kecil nilai interval semakin cepat teks tersebut berjalan, dan sebaliknya semakin besar nilai intervalnya semakin lambat teks tersebut berjalan.
Mudah-mudahan bermanfaat.
Evaluasi IMK
Pendahuluan
·
Adanya
perdebatan tentang penilaian sebuah tampilan
·
Ada yang
mengatakan “BAGUS”, “SEDANG”, atau “JELEK”
·
Adanya
asumsi bahwa selama suatu software dapat digunakan, maka itu sudah cukup bagus
·
Kegiatan
evaluasi suatu software atau tampilan merupakan kegiatan yang dihindari karena
akan menambah waktu pengembangan dan biaya
·
Kegiatan
evaluasi merupakan sesuatu yang sangat penting karena desainer dapat mengetahui
apakah karyanya berguna dan diinginkan oleh user
Pendahuluan (lanj.)
·
Evaluasi
adalah sebuah proses yang secara sistematis mengumpulkan data yang
menginformasikan kepada kita tentang pendapat seseorang atau sekelompok user
mengenai pengalamannnya menggunakan sebuah produk untuk sebuah tugas tertentu
dalam sebuah lingkungan tertentu
·
Seorang
user berkeinginan untuk menggunakan sebuah sistem yang mudah dipelajari, dan
penggunaannya sedapat mungkin efektif, efisien, aman, dan memuaskan. Selain
itu, sedapat mungkin menyenangkan, atraktif, menantang, dll
Mengapa Evaluasi Dibutuhkan
·
Desainer
tidak dapat berasumsi bahwa orang lain seperti dirinya, dan mengikuti design
guidelines menjamin bahwa karyanya pasti bagus
·
Evaluasi
dibutuhkan untuk memeriksa apakah user dapat menggunakan produk tersebut dan
menyukainya
·
Evaluasi
kepuasan penggunaan terhadap sebuah produk dapat dilakukan menggunakan
kuesioner dan atau interview
Kapan Evaluasi Dilakukan
Evaluasi dapat dilakukan pada:
·
Selama
proses pembuatan produk tersebut supaya selalu sama dengan yang diminta atau
dibutuhkan oleh user. Proses ini biasa disebut formative evaluations
·
Saat
produk tersebut telah jadi yaitu melalui prototype
·
Saat
produk tersebut telah dipasarkan. Jika ada kekurangan atau perubahan kebutuhan
user, maka produk tersebut bisa dibuatkan versi yang terbaru/upgrade,
mis: program-program Windows, Winamp, dll. Evaluasi ini biasa disebut summative
evaluations
·
Evaluasi
produk dapat dilakukan melalui riset pasar, baik melalui perorangan atau
sekelompok user
Paradigma Evaluasi
·
“Quick
and dirty” evaluation
·
Usability
testing
·
Field
studies
·
Predictive
evaluation
“Quick and Dirty” Evaluation
·
Adalah
umpan balik berupa keinginan dan yang disukai dari user atau konsultan yang
disampaikan secara informal kepada desainer tentang produk yang dibuatnya
·
Evaluasi
ini dapat dilakukan pada semua tahapan pembuatan produk dan penekanannya pada
masukan yang cepat/sesingkat mungkin daripada temuan yang didokumentasikan
secara hati-hati
Usability Testing
·
Evaluasi
ini cukup dominan digunakan pada tahun 1980-an
·
Melibatkan
pengukuran kinerja user dalam mempersiapkan tugasnya secara hati-hati, dari
proses inilah maka dibuatkan desain sistemnya
·
Kinerja
user umumnya diukur dalam jumlah kesalahan yang dilakukan dan waktu yang
dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas
·
Cara yang
umumnya digunakan untuk membuat sistem ini yaitu dengan cara:
ü
Melihat
secara langsung
ü
Merekamnya
dalam video
·
Evaluasi
ini menggunakan kuesioner dan wawancara kepada user tentang kepuasannya
menggunakan sistem tersebut
·
Penelitian
biasanya dilakukan di dalam sebuah laboratorium, dimana user diberi suatu treatment
tertentu (mis: cahaya, suara, warna, dll) atau bisa juga tanpa treatment
Field Studies
·
Berbeda
dengan usability testing, evaluasi ini dilakukan di lingkungan asli
dimana user bekerja, hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang
kerja user secara alami dan bagaimana teknologi tersebut berdampak padanya
·
Evaluasi
ini dapat digunakan untuk:
ü
Membantu
mengidentifikasi kesempatan sebuah teknologi baru
ü
Menentukan
kebutuhan-kebutuhan untuk melakukan desain
ü
Memfasilitasi
pengenalan sebuah teknologi
ü
Evaluasi
teknologi
·
Teknik
yang dapat digunakan:
ü
Interview
ü
Observasi
(pengamatan yang hanya dilakukan oleh desainer)
ü
Partisipatori
(user dilibatkan dalam pembuatan desain)
ü
Ethnography
(penilaian berdasarkan budaya)
·
Dari data
yang didapatkan tersebut, maka desainer dapat melakukan evaluasi, baik secara
kuantitatif maupun kualitatif, terhadap produknya
Predictive Evaluation
·
Didasarkan
pada pengalaman seorang ahli dalam menghadapi user, dan biasanya hal ini
dijadikan patokan untuk memprediksi masalah-masalah penggunaan sebuah produk
·
Keuntungan
evaluasi ini:
ü
User yang
diinginkan tidak perlu untuk dihadirkan
ü
Proses
pembuatannya relatif cepat, murah, dan cukup disukai oleh perusahaan
·
Tahun-tahun
terakhir ini, evaluasi ini cukup populer
Teknik-Teknik Evaluasi
·
Observing
users
·
Asking
users their opinions
·
Asking
experts their opinions
·
Testing
user’s performance
·
Modeling
users’ task performance to predict the efficacy of a user interface
Hubungan Antara Paradigma dan Teknik Evaluasi
Teknik
|
“Quick
and Dirty”
|
Observing users
|
Penting untuk melihat bagaimana user berperilaku
dalam lingkungan aslinya
|
Asking users
|
Diskusi dengan user dan user yang potensial, dalam
suatu group atau group yang khusus
|
Asking experts
|
Untuk mendapatkan kritik tentang kegunaan sebuah
prototipe
|
User testing
|
===
|
Modeling users’ task performance
|
===
|
Hubungan Antara Paradigma dan Teknik Evaluasi (lanj.)
Teknik
|
Usability
Testing
|
Observing users
|
Melalui video dan catatan, dilakukan analisa untuk
mengidentifikasi kesalahan, investigasi cara kerja software, atau menghitung
kinerja waktu
|
Asking users
|
Dengan menggunakan kuesioner kepuasan, maka
dilakukan pengumpulan opini user. Interview kadang digunakan untuk
mendapatkan opini yang lebih detail
|
Asking experts
|
===
|
User testing
|
Dilakukan di laboratorium
|
Modeling users’ task performance
|
===
|
Hubungan Antara Paradigma dan Teknik Evaluasi (lanj.)
Teknik
|
Field
Studies
|
Observing users
|
Dilakukan di lokasi manapun juga. Dalam studi
etnografi, evaluator turut serta dalam lingkungan user
|
Asking users
|
Evaluator dapat melakukan interview atau
mendiskusikan apa yang dilihatnya kepada peserta.
|
Asking experts
|
===
|
User testing
|
===
|
Modeling users’ task performance
|
===
|
Hubungan Antara Paradigma dan Teknik Evaluasi (lanj.)
Teknik
|
Predictive
|
Observing users
|
===
|
Asking users
|
===
|
Asking experts
|
Seorang menggunakan patokannya dalam pembuatan
desain untuk memprediksi kemanjuran sebuah tatap muka
|
User testing
|
===
|
Modeling users’ task performance
|
Model yang digunakan untuk memprediksi kemanjuran
sebuah tatap muka atau membandingkan kinerja waktu dengan versinya
|
Skala Likert
·
Merupakan
suatu skala yang cukup banyak digunakan untuk melakukan evaluasi
·
Ukuran
skala mulai dari 4 hingga 7
·
Ukuran 4
(1 = sangat buruk, 2 = buruk, 3 = bagus, 4 = sangat bagus)
·
Ukuran 5
(1 = sangat buruk, 2 = buruk, 3 = netral, 4 = bagus, 5 = sangat bagus)
·
Ukuran 7
(1 = sangat buruk, 2 = buruk, 3 = agak buruk, 4 = netral, 5 = agak bagus, 6 =
bagus, 7 = sangat bagus)
·
Penelitian
umumnya menggunakan 5 skala
Contoh Evaluasi
Bayangkan web site, kemudian berikan penilaiannya:
Kriteria
|
Evaluator
|
Rata-rata
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
Layout
|
5
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
Kecepatan akses
|
3
|
4
|
3
|
3
|
4
|
3.4
|
Prosedur akses, mis: KHS, KRS
|
4
|
4
|
5
|
3
|
4
|
4
|
Perpaduan warna
|
4
|
4
|
2
|
4
|
2
|
3.2
|
Informasi yang selalu up to date
|
5
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4.2
|
Rata-rata
|
3.76
|
•
Dari
hasil tersebut, maka secara keseluruhan pendapat para evaluator adalah netral
karena nilainya 3.76
•
Kriteria
yang paling bagus adalah informasi yang selalu up to date, sedangkan
yang harus mendapat perhatian lebih baik adalah kriteria perpaduan warna
;;
Langganan:
Postingan (Atom)